Find anything on DBL Indonesia

Back to Back Final Cewek Dosman

dblindonesia.com - 15 September 2017 Tim basket putri dan dance pendamping SMAN 1 Gianyar usai mengalahkan SMA JB School, kemarin.(Foto: Miftahuddin/Radar Bali)

JUARA bertahan putri Honda DBL Bali Series, SMAN 1 Gianyar (Dosman), sukses back to back final party. Pada babak fantastic four (semifinal) Kamis kemarin (14/9), cewek Dosman mengalahkan tim kejutan SMA Jembatan Budaya (JB School) Badung dengan skor 36-13. Hasil ini juga membuat Dosman melenggang ke partai final selama dua musim berturut-turut. Ini sekaligus final ketiga putri Dosman setelah 2014 (Runner Up) dan 2016 (Champion) lalu.

Di final, cewek Dosman akan menghadapi juara 7 kali Honda DBL Bali Series, SMAN 1 Denpasar (Smansaden). Di babak semifinal kemarin, Smansaden menaklukkan tim kuda hitam SMAN 1 Negara dengan skor 70-45. Ini adalah final party Honda DBL Bali Series ke-8 cewek Smansaden (sejak 2009). Final cewek Dosman v Smansaden adalah ulangan final party 2014. Saat itu, putri Smansaden menjadi champions.

Pelatih Tim Basket Putri Dosman I Wayan Swastika mengaku masih ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan anak asuhnya. “Tegang mereka seperti pertandingan di game pertama penyisihan grup. Terus defense-nya masih belum benar. Masih banyak lah kurangnya,” ucapnya usai pertandingan.

Pelatih yang masuk nominasi First Team Girls Honda DBL 2017 Bali Series ini menambahkan, defense anak asuhnya masih terlalu malas. Terlebih masalah finishing yang perlu segera dibenahi juara musim lalu ini. “Mungkin besok (hari ini, Red) atau sebelum final kami bisa perbaiki. Kombinasi shooting dan under basket terutama,” jelasnya.

Sementara itu, apresiasi tinggi patut juga diberikan kepada JB School yang mampu menembus babak semifinal untuk pertama kalinya. Bisa dikatakan ini menjadi sejarah baru bagi JB School. Pelatih JB School Ferry Suputra mengaku senang dengan capaian anak asuhnya kali ini.

“Untuk hari ini seperti yang pernah saya ucapkan, kami bangga dengan capaian kami kali ini. Ini adalah sejarah baru bagi kami dan saya tentunya karena selama tiga tahun menangani JB School, baru pertama kalinya saya mampu mengantar JB School melenggang ke babak semifinal,” ucapnya. Dia sepertinya tidak mementingkan kalah atau menang.

Yang terpenting bagi Ferry, anak asuhnya sudah mampu tampil maksimal. “Bagaimana bermain dengan baik dan benar. Itu yang terpenting bagi kami. untuk tahun depan, saya rasa bisa lebih baik lagi. Target untuk DBL harus mencapai final,” terangnya.

Sementara itu, cewek Smansaden kembali ke singgasananya dui final party, setelah musim lalu kandas di babak pertama.“Semoga kami bisa juara. Semoga bisa raih treble musim ini,” terang sang arsitek I Putu Gede Adi Setiawan usai pertandingan kemarin. Wajar dia berkata demikian. Tim Basket Putra Smansaden berhasil melenggang ke final dan Tim Putri Loop 3x3 SMAN 1 Denpasar juga lolos ke babak final.

Terlepas dari hal itu, ada sesuatu yang membuat Smansaden berada di atas angin. Motor permainan Smansa Negara Komang Trisna dan Dian Budi Semerti mendapatkan foul out. Itu menjadi keuntungan bagi Adlina Nabila Madjid dkk. Tetapi, dia mengaku masih ada hal yang perlu dibenahi oleh tim asuhannya. “Defense masih kurang. Kalau mau juara, harus berbenah defensenya. Offense sudah mulai baik tapi masih kurang juga. yang jelas, saya sudah puas dnegan permainan mereka,” terangnya.

Di sisi lain, Pelatih Tim Basket Putri SMAN 1 Negara Komang Edy Irawan sepertinya pasrah dengan hasil yang diterima anak asuhnya. “Pemain kami memang foul out dua orang. Itu yang jadi masalah setelah masuk second team. Permainan berubah,” ucapnya. Pada intinya, kualitas second team dengan first team Smansa Negara masih ada jarak dan belum bisa dibenahi.

“Biarpun kami kalah, setidaknya kami cukup puas dan bangga dengan perjuangan anak-anak,” ucap Edy. Dia pun ingin mempersiapkan timnya dengan matang untuk Honda DBL 2018 Bali Series. Sebab, masih ada sembilan pemain yang masih bisa ikut di DBL musim depan. “Setidaknya kami belajar dari kesalahan kali ini seperti pengalaman yang belum matan. Untuk kedepannya saya yakin bisa lebih baik lagi,” tutupnya. (lit/han)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments