Find anything on DBL Indonesia

Hasil Sparing Jadi Motivasi CH

dblindonesia.com - 28 May 2011

Persiapan menyambut babak utama Honda DBL 2011 East Java Series-North Region, 4 Juni mendatang, terus dilakukan. Tidak cukup latihan di lapangan sekolah, sparing dan training camp (TC) juga dilakukan.

Salah satu sekolah yang melakukan TC untuk pemantapan tim adalah SMA Cita Hati Surabaya. April lalu tim yang dikapteni oleh Kenny Rama Widya itu mengadakan TC di Pandaan.

Pelatihan tersebut diisi dengan beragam latihan fisik. Selain itu, acara keakraban bertujuan untuk meningkatkan kualitas komunikasi antarpemain. Pada hari terakhir, mereka melakukan sparing dengan tim basket Spiki, yang para pemainnya adalah mahasiswa.

”Waktu itu, kami kalah jauh. Tetapi, habis itu, kami dievaluasi sama pelatih. Hal itu jadi motivasi kami buat menghadapi babak utama. Mending tahu kelemahan sekarang daripada pas bertanding,” tutur forward Christian Soetanto.

Salah satu evaluasi, sebelumnya timnya memiliki kelemahan dalam komunikasi. Untuk meminimalkan kelemahan tersebut, Christian bersama teman-temannya kerap mengadakan acara keluar bareng. Kalau ada hari libur, mereka menginap di rumah Christian. ”Biasanya, nonton atau main game biar kami bisa saling memahami karakter masing-masing pemain,” ujar pemain bernomor punggung 12 itu.

Sementara itu, SMAN 3 Tuban terus menambah jadwal latihan mereka. Pada hari normal, mereka berlatih tiga kali seminggu. Mendekati babak utama, tim yang dipimpin oleh Rheza Ardhiatama itu menghabiskan setiap hari untuk latihan.

Oleh pelatih, Rheza dan kawan-kawan di-drill latihan shooting. Jika gagal, tim yang dijuluki Three’s itu harus menerima hukuman. ”Satu kali gagal dikalikan dengan lima kali push up. Cara itu ampuh buat melatih konsentrasi kami dalam shooting. Bonusnya, fisik kami lebih kuat gara-gara keseringan push up. Hehe,” tutur pemain yang berposisi guard tersebut.

Menurut Rheza, lawan-lawan di grupnya, yaitu grup O, sempat membuat minder. Sebab, di situ ada SMA St. Louis 1 Surabaya, SMAN 8 Surabaya, dan SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. ”Mereka jelas bukan lawan yang mudah. Terlebih, kami buta kekuatan lawan. Tetapi, kami tetap optimistis bisa maju ke babak playoff,” ujarnya. (ian/c6/nor)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments