Find anything on DBL Indonesia

Honda DBL 2011 Invitational Tournament

dblindonesia.com - 2 February 2011

Turnamen bola basket bergengsi yang diimpi-impikan pemain dan pelatih SMA di tanah air itu akhirnya singgah di Jakarta. Honda DBL 2011 Invitational Tournament bakal digelar di Hall A Senayan pada 4 hingga 11 Februari 2010. Walau sebatas invitasi, antusiasmenya sudah terlihat saat technical meeting dan drawing yang berlangsung di Lantai 7, Gedung Graha Pena INDOPOS di Jalan Kebayoran Lama nomor 12, Jakarta Selatan, kemarin (1/1).

Puluhan siswa berbaur dengan pelatih yang merupakan perwakilan dari 14 sekolah dipilih Development Basketball League (DBL) untuk mengikuti Honda DBL 2011 Invitational Tornament. Sebelum acara drawing, panitia sempat memanjakan peserta dengan suguhan tayangan video turnamen Honda DBL musim 2010.

Terlihat jelas, mereka sedikit takjub melihat passion positif yang mencuat di tayangan tersebut. Ada perjuangan peserta DBL dari Aceh hingga Papua untuk merengkuh supremasi, ada isak tangis bahagia maupun duka dari pemain, hingga perjalanan DBL All Star di Seattle Dari bagian belakang ruangan itu, tertangkap belalak mata dan desahan kagum dari penonton. Mereka seperti terpacu untuk bisa merasakan hasrat yang sama dari para pemain, pelatih hingga penonton yang terlibat dalam Honda DBL.

’’Turnamen Honda DBL akhirnya dilaksanakan di Jakarta. Kali ini baru sebatas invitasi. Ini kami (DBL) jadikan sebagai test case di musim mendatang,’’ ujar Coordinator Event and Basketball Operation DBL Indonesia, Arizal Perdana Putra. Usai menikmati video DBL, dilanjutkan dengan technical meeting membahas aturan-aturan umum dan khusus, yang dipandu oleh Coordinator Event and Basketball Operation DBL Indonesia, Yondang Tubangkit. ”Peraturan permainan dalam Honda DBL ini adalah peraturan FIBA terbaru. Sistem yang dipakai adalah sistem gugur. Sesuai dengan prinsip kita, turnamen ini adalah student- athlete. Siswa yang pernah tidak naik kelas, tidak akan diperkenankan ikut dalam Honda DBL. Siswa kelas III juga dilarang ikut,” tandas Yondang.

Usai technical meeting itu, puncak acara drawing pun digelar. 14 gulungan kertas yang berada di dalam wadah kaca, satu persatu diambil. Jalannya undian itu pun seru. Perwakilan masing-masing tim dengan keresahan dan ekspresi yang berbeda tampil ke depan. Ada yang tangannya gemetar, ada juga yang berhasil menebak nomor undian berapa yang diambil. Dari drawing yang penuh warna itu, sepertinya Honda DBL 2011 Invitational Tournament nanti, bakal semarak sulit untuk terlupakan. Tim putra yang diundang pada event kali ini adalah SMA PSKD 1 Jakarta, SMAN 21 Jakarta, SMAN 22 Jakarta, SMA 36 Jakarta, SMAN 3 Jakarta, SMA Providentia Jakarta, SMA Tarsisius 1 Jakarta dan SMA Ipeka Tomang Jakarta. Sedangkan untuk tim putri, peserta yang ikut adalah SMA Tarsisius 1 Jakarta, SMA Lab School, SMA PSKD 1 Jakarta SMAN 22 Jakarta, SMAN 3 Jakarta dan SMAN 70 Jakarta. (md)

Saling Lirik Kekuatan Lawan

Sejumlah peserta mengaku sudah tak sabar menyambut perhelatan turnamen Honda DBL 2011 Invitational Tournament di Hall A Senayan, 4-11 Februari. Ini terlihat dari dicuatkan dua kapten tim peserta. Mereka adalah Kapten Tim Putra SMA PSKD 1 Jakarta, Christian Gunawan dan Kapten Tim Putri SMA Tarsisius 1 Jakarta, Helgi Ratnawati.Seragam, kedua pemain ini tak sabar ingin segera bermain. ”

Sebulan terakhir ini tim sudah bisa dibilang siap. Latihan, baik itu stamina maupun strategi sudah kami jalani. Memang turnamen DBL sudah lama kami dengar gaungnya, dan beruntung kali ini digelar di Jakarta,” ujar Christian, kapten yang bermain di posisi point guard itu Dari hasil drawing di Lantai 7, Gedung Graha Pena INDOPOS kemarin (1/1), SMA PSKD 1 Jakarta akan berhadapan dengan SMAN 21 Jakarta, lawan yang diakui Christian belum pernah mereka temui.

”Kita belum tahu kekuatan lawan. Kami coba fokus di kekuatan sendiri. Ini kesempatan kami untuk memperlihatkan kemampuan sebaik mungkin di kompetisi antar SMA yang sudah dikenal se-Indonesia,” tandasnya. Sebelum technical meeting kemarin dimulai, sempat terdengar obrolan para peserta tentang kekuatan para kompetitor. Ternyata, di bagian putra, nama SMA PSKD 1 Jakarta adalah tim yang sangat disegani. Christian cs tak diharapkan para lawan bertemu di babak awal. ”Kami tidak akan terpengaruh oleh status unggulan atau tidak. Namun kami yakin, tim bisa berjuang dan bermain dengan baik,” tutup Christian. Tak sabar ingin segera unjuk kebolehan, juga diungkap oleh Helgi Ratnawati, cewek usia belasan nan sporty, kapten SMA 1 Tarsisius Jakarta ini.

”Saya dan teman-teman semangat sekali menyambut Honda DBL di Jakarta. Kami sudah siap,” katanya dengan antusias. Pemain yang bermain di posisi point guard ini mengaku timnya belum cukup sebulan mempersiapkan diri untuk turnamen ini. ”Kalau di putri, memang sekolah kita kurang dikenal lewat basketnya. Tapi itu tak akan mengurangi semangat kami lho. Mungkin justru di DBL ini kesempatan kami jadi yang terbaik,” ujarnya. Dari drawing, Helgi dkk mendapat undian menang bye dan di semifinal menunggu pemenang antara SMA Lab School versus SMA PSKD 1 Jakarta. ”Kayaknya PSKD yang bakal menang dan akan jadi lawan kami. Eh, tapi nggak tau deh. Liat ntar aja. Tim kita pokoknya harus siap,” ujar Helgi. (md)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments