Find anything on DBL Indonesia

Kualitas Jawa Barat, Rekor Lampung

dblindonesia.com - 22 February 2010
The S.I.G.I.T dan Bintang Garuda Flexi Ikut Ramaikan Final Jabar

BANDUNG – Final Honda Development Basketball League (DBL) 2010 diselenggarakan di dua kota serentak, kemarin (21/2). Final Jawa Barat marak bintang tamu di GOR C-Tra Arena Bandung, final Lampung menandai pemecahan rekor jumlah penonton di GOR Saburai Bandarlampung. Di Bandung, sekitar 3.500 penonton kemarin bergantian meramaikan GOR C-Tra Arena, menyaksikan dua laga final yang mempertemukan wakil dari dua kota.

Di laga putra, SMA Trinitas Bandung sebagai juara East Region menghadapi SMAN 2 Bogor sebagai juara West Region. Di laga putri, SMAN 9 Bandung (East) melawan SMAN 5 Bogor (West). Lebih dari 1.000 penonon kemarin datang dari Bogor. Menumpang belasan bus dan tak terhitung kendaraan pribadi. Sayang, semangat itu tak dibarengi dengan sukses tim yang didukung. Tim putra SMAN 2 Bogor harus mengakui keunggulan SMA Trinitas Bandung, 57-76, sedangkan tim putri SMAN 5 Bogor kalah dari SMAN 9 Bandung 46-79.

Meski demikian, rombongan Bogor tetap pulang dengan kepuasan tersendiri. “Kalah nggak jadi masalah. Tim kami sudah berusaha semaksimal mungkin. Justru penonton terbawa suasana yang seru, seolah-olah kami ikut bermain di lapangan,” kata Emi Rosmiami, guru sejarah SMAN 2 Bogor yang kemarin ikut menonton, kepada Bandung Ekspres (Jawa Pos Group, partner penyelenggara Honda DBL di Bandung).

Bagi SMA Trinitas Bandung, sukses ini merupakan pembalasan kegagalan tahun lalu. Waktu itu, di babak final mereka ditundukkan SMAN 9 Bandung. Tahun ini, mereka telah membalas kekalahan itu di babak Fantastic Four East Region. Jadi, kemarin mereka layak disebut sebagai jawara sejati, karena dalam perjalanannya menundukkan tim yang selama ini mendominasi ajang basket SMA di Jabar.

Dicky Sastra, pelatih Trinitas, ini merupakan sukses terbesar yang pernah diraih tim basket sekolahnya. “Ini ajang pembuktian,” ucapnya. Azrul Ananda, commissioner DBL, mengaku senang dengan pertumbuhan kompetisi ini di Jabar. “Total penonton selama delapan hari pertandingan di Bogor hampir 20 ribu orang. Di Bandung juga hampir 20 ribu orang. Final Jabar ini sekitar 3.500 orang. Jadi, penonton Honda DBL 2010 di Jabar sudah hampir 45 ribu orang,” ungkap Azrul di Bandung kemarin, setelah sehari sebelumnya menghadiri final di Manado. “Dan dalam hal kualitas permainan dan pertandingan, saat ini mungkin Jabar yang terbaik di Indonesia,” lanjutnya.

Final Jabar kemarin juga penuh dengan acara tambahan. Grup band The S.I.G.I.T tampil sebagai bintang tamu, menghibur penonton di sela-sela pertandingan putra dan putri. Pada halftime laga putra, tampil pula tiga bintang klub Indonesian Basketball League (IBL) Garuda Flexi Bandung untuk menghibur penonton. Agustinus “Aguy” Dapas Sigar, Nico Donda, dan Andre Tiara ikut beraksi, menunjukkan kemampuan shooting bersama penonton, bermain DBL 2Ball dan Free Throw Conga.
“Acaranya keren dengan kemasan yang bagus. Sebelumnya saya pernah lihat rekaman pertandingan DBL di Surabaya. Ternyata lebih hebat ketika datang melihat langsung,” kata Nico Donda. Nico juga sempat menyampaikan harapan kepada DBL Indonesia, penyelenggara Honda DBL 2010 yang mulai tahun ini juga dipercaya sebagai pengelola IBL. “Seharusnya IBL lebih keren daripada DBL,” ujarnya.

Rekor Lampung

Bila kompetisi di Jabar tumbuh memuaskan, maka Honda DBL di Lampung tumbuh mengagumkan. Kemarin (21/2), lebih dari 4.000 penonton memadati GOR Saburai. Menurut DBL Indonesia dan Radar Lampung sebagai penyelenggara, total penonton di provinsi tersebut menembus angka 31 ribu penonton. Itu disebut sebagai rekor terbanyak penyelenggaraan di satu kota, di luar homebase DBL Indonesia di Surabaya. “Bandarlampung layak disebut sebagai ibu kota basket Sumatera,” komentar Azrul Ananda, setelah mendapat laporan penonton dari Lampung.

Berbagai pihak di Lampung pun berharap kehebohan kompetisi ini bisa terus berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya. “Kalau kota kita tidak dipilih kembali, apa alasannya? Mau dibawa ke mana kekecewaan ribuan penonton ini? Kota kita sukses kok sebagai penyelenggara Honda DBL,” kata Agus Salim, kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Lampung.

Harapan senada disampaikan Wali Kota Bandarlampung Eddy Sutrisno, yang juga Ketua Pengprov Perbasi Lampung. “Kompetisi ini layak disebut sebagai yang terbesar di Indonesia,” pujinya. Tidak ketinggalan, penonton final kemarin. “Gila aja acara kayak gini nggak disuka. Silakan tanya satu-satu sama penonton di sini. Pasti bilangnya harus ada lagi. Pokoknya DBL oke banget!” ucap Pristiani Anugerah, pelajar SMAN 1 Bandarlampung yang kemarin hadir sebagai penonton “netral.”
Di Lampung, tim putri SMA BPK Penabur Bandarlampung menjadi juara setelah mengalahkan SMAN 2 Bandarlampung 47-36. Kemudian tim putra tampil SMAN 2 Bandarlampung sebagai champion, menundukkan SMAN 9 Bandarlampung , 65-58. (jpnn)

Honda DBL 2010 West Java Series
GOR Pajajaran Bandung, GOR Pajajaran Bogor, dan C-Tra Arena Bandung
Tanggal 5-21 Februari 2010

Pertandingan Final Putri
SMAN 9 Bandung 79
SMAN 5 Bogor 46

Pertandingan Final Putra
SMA Trinitas Bandung 76
SMAN 2 Bogor 57

League DBL First Team
(Ke Surabaya, Ikut DBL Camp)

Putri
Sarah Dephiola (SMAN 9 Bandung)
Chaeranny Riezka Utami (SMAN 5 Bandung)
Ingrid Tri Rachamdianty (SMAN 1 Baleendah)
Astrid Astari (SMAN 5 Bogor)
Zalriana Hariana Aziz (SMAN 9 Bandung)
Coach Putri: - Heri Siswanto (SMAN 1 Baleendah)

Putra
Muhammad Naufal Afif (SMAN 2 Bogor)
Edi Hidayat (SMA Trinitas Bandung)
Adam Wijaya Salim (SMA Mardi Yuana Bogor)
Jan Misael (SMAN 9 Bandung)
Vincentius Reynard (SMA Trinitas Bandung)
Coach Putra: - Nurfian Syamsi (SMAN 7 Bogor)

Honda Most Valuable Player (MVP)
Putri: Sarah Dephiola (SMAN 9 Bandung)
Putra: Muhammad Naufal Afif (SMAN 2 Bogor)
Yel-Yel Competition:
Juara 1: SMAN 5 Bandung
Juara 2: SMAN 17 Bandung
Juara 3: SMAN 5 Bogor

 

Honda DBL 2010 Lampung Series
GOR Saburai Bandarlampung
13-21 Februari 2010

Pertandingan Final Putri
SMAN 2 Bandarlampung 36
SMA BPK Penabur Bandarlampung 47

Pertandingan Final Putra
SMAN 9 Bandarlampung 58
SMAN 2 Bandarlampung 65

League DBL First Team
(Ke Surabaya, Ikut DBL Camp)

Putri
Fernanda (SMA BPK Penabur Bandarlampung)
Kiat Tri Wahyuningsih (SMAN 2 Bandarlampung)
Stella Agustina (SMA BPK Penabur Bandarlampung)
Fitri Agung Nanda (SMA YP Unila Bandarlampung)
Ratu Aprilliani (SMAN 3 Bandarlampung)
Coach Putri: M. Arif Billah (SMAN 3 Bandarlampung)
Putra
Maulana Yusuf (SMAN 14 Bandarlampung)
Andrianto (SMAN 3 Bandarlampung)
Muhammad Adil Pambudi (SMAN 9 Bandarlampung)
Ievansyah (SMAK 1 Metro)
Muhammad Rinaldy Fahriansyah (SMAN 10 Bandarlampung)
Coach Putra: Indra Wijaya (SMAN 9 Bandarlampung)

Honda Most Valuable Player (MVP)
Putri – Fernanda (SMA BPK Penabur Bandarlampung)
Putra – Muhammad Adil Pambudi (SMAN 9 Bandarlampung)
Juara Yel-Yel Competition
Juara 1 – SMAN 9 Bandarlampung
Juara 2 – SMA YP Unila Bandarlampung
Juara 3 – SMAN 2 Bandarlampung



Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments