Find anything on DBL Indonesia

Shooting Funky, Scoring Tinggi

dblindonesia.com - 15 August 2009

Kevin Martin; Bintang Indonesia Development Camp 2009

Sebagai pemain, Kevin Martin tergolong unik. Bintang Sacramento Kings itu adalah seorang scorer, bukan shooter. Teknik menembaknya bikin pelatih meringis, tapi dia efisien dalam mengumpulkan poin. Penggemar basket Indonesia bisa mempelajari gayanya di DBL Arena Surabaya.

Kevin Martin, 26, bermain di posisi shooting guard. Tapi, dia tidak bisa dibilang sebagai shooter. Pemain bergaji lebih dari Rp 100 miliar setahun itu lebih layak disebut sebagai scorer.

Apa bedanya? Shooter adalah pemain yang mengandalkan kemampuan shooting untuk meraup poin. Kebanyakan dari jarak jauh, seperti Reggie Miller dan Ray Allen. Scorer adalah pemain yang  mengumpulkan poin dengan berbagai cara. Bisa shooting, bisa menusuk ke dalam, mengejar free throw, dan lain sebagainya.

Martin tergolong yang scorer. Apalagi, dia dikenal punya gaya shooting yang “funky.” Bahkan, penganut basket fundamental mungkin bakal garuk-garuk kepala melihat cara pemain 201 cm itu menembakkan bola.

Dari dulu, cara shooting Martin memang dikritik. Tangannya mengayun di depan wajah, dan bola “didorong” saat ada di depan muka. Beda jauh dengan gaya “indah” Kobe Bryant, yang menembak bola ketika posisi di atas, dengan mata tak terhalang ke arah tujuan.

Gara-gara gayanya itu, Martin dianggap akan akan sukses di NBA. Tembakan itu dianggap menghalangi pandangan dan gampang dihalau lawan. Semula, para pelatih mencoba mengubahnya. Tapi, jalan terbaik ditemukan oleh Pete Carril, asisten pelatih senior di Sacramento Kings. Dia tidak memaksa Martin mengubah teknik, melainkan membuatnya lebih efektif.

Hasilnya? Martin merupakan salah satu pemain paling efisien di NBA. Dia meraup rata-rata di atas 20 poin per game tanpa perlu melemparkan banyak tembakan. Bila Kobe Bryant butuh 20 sampai 30 tembakan per game, Martin sepanjang karirnya hanya melepas 15 tembakan per game.

Perhatikan statistiknya musim 2008-2009 lalu. Dia mencetak rata-rata 24,6 poin, masuk sepuluh besar NBA. Secara keseluruhan, Martin memasukkan 45,4 persen tembakan, atau hampir separo total. Dari luar garis tiga angka, dia memasukkan 41,5 persen tembakan. Angka yang luar biasa.

Kalau kesulitan mendapat ruang tembak, Martin pun berani menusuk ke dalam, mengejar foul dan free throw. Hasilnya? Dia rata-rata dapat 10,3 free throw per game, memasukkan 86,7 persen tembakan bebas!

Dalam sejarah NBA, pemain dengan persentase se-efisien itu sangatlah langkah. Salah satu yang mampu mencapainya adalah pemain legendaris Boston Celtics, Larry Bird. Sekali lagi, efisiensi itu luar biasa, mengingat cara menembaknya yang bikin pelatih meringis!

Kehebatan lain Martin adalah kecepatannya dalam bergerak. Meski bertinggi badan 201 cm, dia hanya berbobot 86 kilogram. Sangat lincah bergerak dari satu sisi lapangan ke sisi lain. Selalu mencari celah, dan cepat mengeksekusi begitu mendapatkan celah.

“Dia sangat aktif bergerak. Itu membuatnya sangat sulit dikawal,” kata Bob Ociepka, asisten pelatih Minnesota Timberwolves.

Greg Buckner, pemain Dallas Mavericks, termasuk yang mengaku kerepotan mengawal Martin. “Kita harus selalu memperhatikan segala gerakannya. Kalau tidak, dia bisa mencetak 40 poin,” ucapnya.

Secara statistik dan efisiensi, Martin sebenarnya sudah ada di barisan elite. Hanya saja, dia masih belum mau disebut ada di barisan tersebut. Sebab, dia masih belum mampu mengantarkan Kings ke barisan yang lebih baik.

Kehebatan karakter ini juga patut dipuji. Salah satu alasan Kings mengontrak Martin dengan gaji superbesar adalah kemauan sang pemain untuk belajar. Dia dikenal pekerja keras. “Saya hanyalah seorang pemain yang ingin terus lebih baik,” kata sang bintang.

Kevin Martin dijadwalkan berbagi ilmu dengan pemain-pemain pilihan DetEksi Basketball League (DBL), di Indonesia Development Camp 2009 di Surabaya, pada 16-18 Agustus (mulai besok). Selama di DBL Arena itu, kita bisa menyaksikan langsung kelincahan dan keunikan seorang Kevin Martin. (azrul ananda)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments