Find anything on DBL Indonesia

Siapkan Kejutan di Laga Perdana

dblindonesia.com - 4 February 2011

Sebanyak 14 kompetitor yang terdiri dari 8 tim putra dan 6 tim putri siap menghebohkan Hall A Senayan, Jakarta. Dan, priit...tip off Honda Development Basketball League (DBL) 2011 Invitational Tournament pun dimulai sore iniDua tim putri yang selama ini sudah cukup bebuyutan di Jakarta, yakni SMA Lab School Jakarta dan SMA PSKD 1 Jakarta, akan bertemu di partai pembuka. Kedua tim mengaku sudah sangat siap menunjukkan performa terbaik. Mereka ingin menjadikan kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia ini sebagai ajang unjuk kekuatan terbaiknya selama ini.

”Siapa sih yang tidak antusias dengan DBL. Walau di Jakarta baru sebatas invitasi, kami sangat serius,” ungkap Pelatih SMA PSKD 1 Jakarta, Yohannes S, kemarin (3/2). Kak Joy, demikian dia biasa disapa mengatakan, selama ini timnya sudah menjalani latihan rutin. Tim putri PSKD 1 memang dikenal cukup tangguh untuk ukuran Ibu Kota, namun hal itu tak akan membuat persiapan mereka santai. ”Untuk pertandingan apapun kami akan siap, karena di sekolah kami bola basket adalah program binaan.

Bukan bermaksud terlalu percaya diri, tapi untuk urusan pola permainan, kita lebih sering memberikan keleluasaan kepada pemain. Mereka cukup punya level yang bagus untuk bisa mengembangkan sendiri game,” ujar Joy bernada optimistis. Meski begitu, Joy menambahkan, dia akan sedikit memberikan instruksi untuk lebih memperketat defense tim. ”Kemudian untuk offense, kami akan coba kejutkan dengan fastbreak-fastbreak,” lanjutnya. Tim putri SMA PSKD 1 memang tidak bisa menurunkan pemainnya secara full team. Hal ini disebabkan sejumlah pemain andalannya sudah duduk di kelas III.

Namun Joy masih yakin, skuad yang ada bisa bermain optimal melawan SMA Lab School. ”Kami yakin dengan kekuatan yang ada. Kami tidak akan mensia-siakan kompetisi DBL,” tegasnya. Kapten Tim SMA PSKD 1, Ika Stefani juga mengatakan, walau tidak bisa tampil full team seperti biasa, timnya akan bermain habis-habisan melawan Lab School. ”Kondisi tim tetap solid. Kami sangat antusias dan semangat sekali menyambut game besok (hari ini),” singkat Ika yang bermain di posisi center itu. Rivalitas bersambut! Tim putri SMA Lab School juga mengaku sangat siap. Lewat pelatihnya Muflih Farhan Daulay menyebutkan perseteruan PSKD 1- Lab School sudah berlangsung lama. ”Dalam dua tahun ini kita sering ketemu di final. Memang mereka sering unggul.

Tapi untuk DBL ini kami sudah siap,” ujar Coach Farhan. Sedikit membuka rahasia timnya, Farhan mengatakan kekuatan tim Lab School ada pada kecepatan fastbreak dan rotasi antara defense dan offense. ”Lawan PSKD 1 pasti seru. Saya pikir para pemain sudah tak sabar lagi,” ucapnya. Di balik siratan optimismenya, Farhan mengaku kekuatan tim mereka sedikit berkurang menyusul pindah sekolahnya salah seorang pemain yang selama ini menjadi andalan. ”Kita sudah mencoba menutupi. Sekarang semuanya sudah oke,” timpalnya. (md)

Jadikan Trend Topics di Twitter

SMA PSKD 1 yang mengirimkan putra-putrinya di ajang Honda Development Basketball League (DBL) Invitational Tournament, memang menjadi buah bibir anak-anak basket di Jakarta. Sekolah tersebut dianggap salah satu sekolah dengan permainan basket ciamik. Usai tim putrinya menjadi partai pembuka Honda DBL sore ini, di game ketiga tim putra yang turun berlaga melawan SMAN 21 Jakarta. ”Saya pikir persiapan kami sudah cukup menyambut DBL. Jam terbang kita sejauh ini sudah lumayan, dan bisa dibilang tim masih sedang dalam performa terbaik mereka,” kata Pelatih Tim Putra SMA PSKD 1 Jakarta, Yan Emmanuel Evan Gomies yang akrab disapa Bung Ade.

Kebetulan, lanjut Ade, kekuatan mereka tidak terpengaruh dengan aturan panitia Honda DBL yang tidak memperbolehkan peserta dari anak-anak kelas III. ”Tim inti kami justru ada di kelas II. Dan khusus menjelang kompetisi DBL ini, tim menjalani latihan 6 kali seminggu. Cuma hari Sabtu diliburkan,” ucap Ade. Tetapi Ade menegaskan timnya tidak mau sesumbar dan menganggap enteng lawan. ”Memang kita sudah sering ketemu dengan 21. Sering menang sich. Tapi, kami tetap waspada. Bisa jadi kekuatan mereka saat ini luar biasa,” ucap Ade mengirim sinyal hati-hati menyikapi lawannya.

Selama ini, man to man marking dan fastbreak menjadi andalan tim putra PSKD 1. Hal itu juga akan kembali dioptimalkan Ade di Honda DBL kali ini. ”Keuntungan kita jelas bahwa semua pemain punya skill yang merataIstilahnya, masuk lima keluar lima bisa dilakukan dalam tim ini. Tergantung situasi game nanti,” ujar Ade. Hal yang cukup panjang dibahas koran ini dengan Ade kemarin adalah justru soal kompetisi Honda DBL. Ade yang mengaku cukup rutin mengikuti perjalanan Honda DBL, bahkan hingga bela-belain memantau game ke kota lain ini, tak habis pikir kenapa panitia Honda DBL melewatkan begitu saja DKI Jakarta sebagai lokasi kompetisi. ”Saya sering tanya dan diskusi dengan pelatihpelatih lain, kenapa DKI tidak pernah mendapatkan kesempatan merasakan kompetisi DBL.

Ini adalah kompetisi yang sangat bagus. Peraturan yang ketat dalam DBL sebenarnya membuat kompetisi pelajar menjadi sehat. Kemungkinan pemain bisa nyolong umur hingga membuat regenerasi pemain, bisa didapatkan dari kemasan kompetisi DBL,” ungkapnya. Akhirnya memang penantian dan kerinduannya terjawab musim ini. ”Ya, senang sekali tahun ini kompetisi DBL bisa ada di Jakarta. Mudah-mudahan bisa berlanjut tahun-tahun berikutnya,” kata Ade berharap. Dari calon lawan SMA PSKD 1, tim putra SMAN 21 Jakarta, juga tak kalah antusias menyambut perhelatan Honda DBL. Bahkan dari Pelatih Tim Antoni P menyebutkan, topik Honda DBL di Jakarta menjadi sangat trend di akun facebook atau twitternya anak-anak 21, hingga alumni mereka. ”Kebetulan sekali para alumni 21 yang di luar Jakarta lagi banyak yang libur. Mereka janji akan datang ke Jakarta untuk mendukung tim bermain sore ini,” kata Antoni. Dikatakannya, kompetisi ini sudah lama dinantinantikan mampir ke Jakarta. Dan menyambut impian terwujud itu, semua elemen SMA 21 antusias. ”Saya dengar akan banyak supporter yang akan datang mendukung langsung. Ya, mudah-mudahan saja bisa menambah motivasi tim,” katanya. (md)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments