Find anything on DBL Indonesia

Tangguh berkat TC di Panti Asuhan

dblindonesia.com - 30 August 2017 Para pemain basket tim putri SMAN 8 Malang berselebrasi setelah memastikan gelar juara Honda DBL East Java Series 2017 (23/8).(Foto: Dipta Wahyu/Jawa Pos)

EKSPRESI bahagia bercampur haru terlihat dari wajah para pem ain tim basket putri SMAN 8 Malang setelah mereka memastikan kemenangan dengan skor 55-50 atas SMA St Louis 1 Su rabaya di DBL Arena, Rabu malam (23/8). Sebuah kemenangan yang diraih dengan susah payah oleh anak-anak Smarihasta (nama lain SMAN 8 Malang). Itu menjadi sejarah karena kali pertama tim asal Malang juara East Java Series dalam 14 tahun.

Sebab, pertandingan itu tak hanya menguras fisik, tapi juga emo si pemain. Maklum, sang lawan bukanlah tim sembarang. Sinlui –sebutan SMA St Louis 1 Surabaya– merupakan juara bertahan tiga tahun berturut-turut dalam pergelaran Honda De velopm ental Basketball League (DBL) East Java Series.

Kapten tim basket putri SMAN 8 Malang Faizzatus Shoimah menyebutkan, laga melawan Sinlui memberinya kesan menda lam. ’’Soal tegang, itu pasti. Tapi, saya fokus dan berpikir bagaimana agar jangan sampai mengecewakan,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Malang (24/8).

Dia menyatakan, timnya tampil lebih baik begitu masuk kuarter ketiga. ’’Saya lihat, dari pihak lawan, hanya dua pemain yang agresif. Sebab, mereka ngotot di awal, tapi loyo di akhir. Makanya kami bisa unggul di kuarter ketiga dan keempat,’’ kata Ais, sapaan akrab Faizzatus.

Salah satu agenda persiapan yang paling berkesan bagi Ais dan pemain lain adalah training center (TC) di Roemah YWI (Yatim Warga Indonesia), Kota Batu, 12–14 Juli 2017. Agenda TC tak melulu ditujukan untuk meningkatkan fisik dan skill pemain. ’’Tapi, ada pula games untuk membentuk mental kami,’’ ungkapnya.

Bahkan, ada psikolog yang didat angkan khusus untuk membangun mental pemain. ”Saya ingat, waktu itu kami ditanya apa saja yang membuat kami ta kut? Dari pertanyaan itu, kami diajak mengubah ketakutan menjadi hal yang positif,’’ ujar siswi kelas XI IPS 3 tersebut.

Demi mengusir penat, Ais dan teman-teman setimnya biasa makan bareng sebelum atau sesudah latihan. Sesekali diselingi agenda jalan-jalan bareng.

Pelatih Catur Agung Widodo berharap anak asuhnya tidak lekas puas atas apa yang sudah diraih. ’Harapannya dapat ber juang bersama agar seluruh tim di Kota Malang membawa nama baik Kota Malang dan meraih lebih banyak prestasi,’’ ujar Catur.

Di ajang Honda DBL East Java Series 2017, tim basket putri SMAN 8 Malang diperkuat 12 pemain. Perpaduan antara siswi kelas XI dengan kelas XII.

Mereka adalah Novie Tri H (XII IPA 2), Pramata Alvina (XII IPA 2), Verina Pandu L. (XII IPA 4), Rara Audrey (XII IPA 5), Reni Dwi L. (XII IPA 6), Qinthar Aulia (XII IPA 6), Firssadilla Zeriska (XII IPS 1), Varrel Vallerie (XII Bahasa), Faizzatus Shoimah (XI IPS 3), Lydia Maulida Z (XI IPS 3), Fidi Adhani P. (XI IPS 1), dan Salsabila Oktavia (XI IPA 5). (*/ c2/muf/c5/dri)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments