Find anything on DBL Indonesia

Opening Sarat Gengsi

dblindonesia.com - 14 October 2011

Genderang Babak utama Honda Development Basketball League Junior (DBL Jr) 2011 akan dimulai pada hari ini. Empat pertandingan akan tersaji dalam Opening Party Honda DBL Jr 2011 yang berlangsung di DBL Arena Surabaya mulai pukul 14.30 WIB. Yakni tiga pertandingan tim putra dan satu tim putri.

”Antusiasme pelajar SMP terhadap Honda DBL Junior selalu mengalami peningkatan setiap tahun. Gejala itu telah terasa sejak babak penyisihan awal Honda DBL Jr 2011 pada bulan Oktober lalu. Semoga semangat tersebut terus meningkat hingga akhir kompetisi,” ucap Donny Rahardian events and basketball operations manager DBL Indonesia.

Diantara keempat pertandingan tersebut, salah satu pertandingan yang diprediksi bakal berlangsung ketat adalah laga antara tim basket putra SMPN 22 Surabaya dan SMPN 12 Surabaya. Kedua sekolah yang berada di kawasan Surabaya selatan itu punya tradisi basket yang kuat.

Baik Dapuda, sebutan SMPN 22 Surabaya, maupun Rholaz, sebutan SMPN 12 Surabaya sering bertemu dalam berbagai kompetisi basket lokal. Keduanya telah mengenal kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk menghadapi laga sarat gengsi itu, pelatih Dapuda, Danny Pradata Hari selalu menyisipkan terapi psikologis dalam latihan sehari-hari. Terapi psikologis itu berupa pengembangan berpikir positif. Semua pemain berkumpul di dalam kelas dan mengikuti arahan dari Danny.

”Ide terapi itu muncul dari literatur-literatur yang saya baca mengenai pertandingan basket. Selain itu, terapi ini ternyata juga dipakai oleh tim-tim basket luar negeri. Saya pun berinisiatif untuk menerapkan terapi berpikir positif itu kepada anak-anak agar meningkatkan mental mereka saat bertanding,”lanjut Danny.

Berbeda dengan Dapuda, Rholaz meningkatkan mental bertanding para pemainnya dengan melakukan latihan di lapangan DBL Arena. Latihan di DBL Arena rutin dilakukan selama dua minggu sekali. Latihan itu bertujuan untuk proses adaptasi para pemain dengan venue pertandingan.

Lewat latihan tersebut, Rholaz optimistis bisa mengatasi Dapuda di pertandingan itu. Hal tersebut berdasarkan peningkatan skill pemain Rholaz usai menjalani latihan di DBL Arena. ”Di pertandingan itu, kami harus bermain lebih tenang, konsentrasi dan meminimalisir kesalahan. Dengan begitu, kami yakin bisa mengatasi Dapuda,” Usamah Abdul Hamid, kapten Rholaz.

Tak hanya para pemain yang antusias menyambut laga itu. Para suporter Rholaz dan Dapuda yang terkenal kompak dan fanatik juga tak sabar menantikan pertandingan itu. Sejak jauh-jauh hari, kedua sekolah telah membuat berbagai persiapan matang untuk menghebohkan suasana laga itu.

”Khusus untuk laga opening nanti, kami telah menyiapkan dressccode khusus berupa kaos berwarna biru tua dengan tulisan Go Rholaz!. Dresscode ini telah menjadi tradisi dari Rholaz khusus untuk menyambut Honda DBL Jr 2011,” ucap Nola Fitri Hariadi, koordinator Suporter Rholaz.

Pendukung Dapuda tak kalah bersemangat menyambut laga penuh prestise itu.. ”Opening nanti bakal wah banget. Sebab, kami telah menyiapkan berbagai kejutan. Yang jelas kami akan menujukkan kalau suporter Dapuda itu kreatif dan kompak,” ujar Muzar, sang koordinator suporter.

Laga seru lain yang tak boleh dilewatkan adalah pertandingan antara tim putra SMP Untung Suropati Sidoarjo melawan SMP Santa Agnes Surabaya. Kedua tim dikenal memiliki track record yang baik dalam Honda DBL Jr. Unsur, sebutan SMP Untung Suropati Sidoarjo merupakan kuda hitam di Honda DBL Jr 2011.

Mereka lolos ke babak utama usai menyapu bersih tiga laga di babak penyisihan awal melalui kemenangan telak. Sementara Stag, sebutan SMP Santa Agnes Surabaya merupakan Champion Honda DBL Jr 2008. Tahun ini, kedua tim punya materi pemain dengan skill di atas rata-rata.

Pertemuan kedua tim di laga pembuka Honda DBL Jr 2011 menjanjikan tontonan yang seru dan menegangkan.”Skill pemain bench dan starter Unsur lebih merata. Itu membuat mereka bisa dengan mudah merotasi pemain. Tapi kalau Stag bisa bermain disiplin dan fokus, saya yakin anak-anak bisa merebut kemenangan,” ucap Yohanes Welfred, coach Stag.

Pantia Honda DBL Jr 2011 akan tetap menyajikan konsep Opening Party yang menghibur dan penuh kejutan. Opening Party akan dimeriahkan penampilan dari Takupaz Dance Crew.

Mereka siap menghibur penonton dengan kostum dan gerakan yang atraktif. Sementara di atrium DBL Arena Surabaya akan diselenggarakan berbagai event menarik seperti supporting event 3 on 3 untuk guru SMP dan penonton yang masih SD, event pasport, serta games tebak juara. (dta/ula/nay)

Story Provided by Jawa Pos

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments